foto @ GSMArena.com

Wow, Samsung Kembangkan Sensor Kamera Smartphone dengan Resolusi 600MP

Samsung dikabarkan tengah mempersiapkan sensor kamera 600MP untuk disematkan pada smartphone. Meski kemungkinan sensor kamera beresolusi 600MP ini hadir untuk smartphone masa depan, leaker gadget Ice Universe mengkonfirmasi kabar ini.

Sebagaimana dikutip dari Gizchina, Senin (7/12/2020), Ice Universe mengkonfirmasi, dia telah berbicara dengan seseorang di departemen pengembangan Samsung.

Ice Universe sendiri bisa dibilang merupakan orang yang cukup kredibel jika bicara tentang smartphone terbaru. Ia juga merupakan orang pertama yang mempublikasikan foto real Galaxy S20, sebelum perngkat ini resmi dirilis.

Kali ini bicara tentang sensor kamera 600MP, Ice Universe mengunggah mengenai gambar yang menunjukkan cara kerja sensor ini.

Gambar tersebut memperlihatkan bagaimana sebuah sensor kamera 600MP bisa diterapkan di smartphone, jika tidak mengubah teknologi di dalamnya.

Isi 12 Persen Bodi Belakang Smartphone

Lensa kamera belakang Galaxy S20 Ultra. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Dalam hal ini, sensor kamera 600MP bakal mengisi 12 persen dari bodi belakang smartphone. Selain itu, unit kamera akan menonjol 22 mm di atas panel belakang smartphone.

Hal ini tentu akan sangat merepotkan. Untuk itu, akan menarik melihat bagaimana Samsung menerapkan sensor kamera sebesar itu pada sensor ISOCELL generasi selanjutnya.

Kendati demikian, sensor kamera 600MP ini mungkin tak akan hadir tahun depan. Bisa jadi, setelah sukses dengan lensa 108MP-nya, Samsung akan memboyong sensor 192MP di kamera.

Laporan tentang Penjualan Smartphone Kuartal 3 2020

Berdasarkan laporan perusahaan analis pasar Gartner, Samsung masih memimpin pasar smartphone dengan menjual 80,82 juta unit smartphone tahun 2020 ini. Samsung menguasai pasar dengan market share 22 persen.

Di posisi top 5 smartphone, hanya Samsung dan Xiaomi yang mampu meningkatkan penjualan masing-masing 2,2 persen dan 34,9 persen.

Sementara itu, Huawei berada di posisi kedua dengan penjualan 51,83 juta perangkat. Pangsa pasar Huawei 14,4 persen. Sementara Xiaomi ada di posisi ketiga dengan jumlah penjualan 44,41 juta smartphone dan pangsa pasar 12,1 persen.

Lalu, ada Apple di posisi keempat dengan penjualan 40,6 juta iPhone dan penguasaan pasar 11,1 persen.

Menariknya Oppo berada tidak jauh di belakang Apple. Pada kuartal ketiga, Oppo menjual 29.89 juta perangkat dengan pangsa pasar 8,2 persen.