Cara Membuat Pakan Alami Koi

Tips Berhemat Dengan Pakan Koi Alami Buatan Sendiri

Cara Membuat Pakan Koi Alami – Pembudidaya Ikan Koi biasanya sangat selektif dalam memilih makanan untuk ternaknya. Untuk jenis ikan koi, harga jenis makanannya memang tidak seberapa tinggi, namun akan mengeluarkan banyak uang juga jika dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Karena memang dalam Budidaya Ikan Koi memperioritaskan kuantitas sekaligus kualitas untuk mendapatkan untung maksimal.

Oleh karena itu, para pembudidaya biasanya mencari jalan keluar bagaimana agar bisa membuat pakan ikan sendiri atau dengan mencampur sedikit makanan dari toko dengan bahan buatan sendiri. Selain cara ini lebih murah karena buatan sendiri kita juga bisa menentukan kadar protein dalam pakan tersebut. Berikut adalah cara pembuatannya.

Cara Membuat Pakan Alami Koi

Cara Pembuatan Pakan Koi Alami

Pertama kita harus tentukan bahan apa saja yang sekiranya dibutuhkan untuk pembuatan pakan koi alami. Beberapa yang dapat digunakan adalah udang. Udang ini biasanya dari jenis udang kecil-kecil yang mudah diolah karena tekstur tubuhnya yang lembut. Kemudian anda dapat mencampur dengan telur, wortel, bawang putih, agar-agar, dan vitamin C.

Semua bahan-bahan ini di dijadikan satu adonan, kemudian tambahkan sedikit air dan masukkan dalam blender sampai halus. Selagi menunggu adonan ini halus, anda dapat membuat campuran aroma yang berasal dari pelet ikan. Caranya dengan memasukkan pelet ke panci yang berisi air panas dan menaburinya dengan bubuk agar-agar.

Setelah adonan dalam blender telah halus, maka campurkan kedua adonan tersebut dan dinginkan. Setelah dingin dan berbentuk seperti agar-agar, lalu potong kecil-kecil berbentuk menyerupai cacing, agar mudah dimakan oleh ikannya. Berikan makanan alami tadi bersamaan dengan cacing agar terasa seperti ia memakan cacing.

Klik Disini Untuk Medapatkan Panduan : Klik Disini Untuk Mendapatkan :

Tips Pembuatan Pakan Ikan Koi

Cara membuat pakan Koi alami yang lain adalah pengaplikasian bahan probiotik. Bahan ini dipercaya mampu membuat ikan koi tumbuh dan berkembang lebih cepat dari ikan-ikan pada umumnya yang tidak mendapat asupan probiotik. Hal lain yang merupakaan dari manfaat dari probiotik ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh ikan koi sehingga dapat menekan angka kematian.

Pemanenan dapat dilakukan lebih sering sehingga ikan pun kadang tidak terlalu bercampur dengan lumpur dan bau. Dari hasil pembuatan makanan alami tadi, dapat dicampur dengan probiotik. Caranya dengan merendamnya bersama-sama dan tambahkan vitamin C. dengan merendamnya di dalam air selama beberapa jam jumlah makanan ini dapat berubah menjadi dua kali lipat lebih banyak. Sehinga dapat menghemat biaya dan ikan peliharaan tetap terjaga kesehatannya.

Nah agar ikan bisa selalu dalam kondisi sehat jauhilah kesalahan dalam perawatan koi, begitu juga perhatikan kadar gizi dalam pembuatanya, seperti kadar protein dan karbohidratnya. Begitulah ulasan pembuatan pakan ikan koi, yang bisa kami share, selain itu jangan lupa untuk pelajar juga cara pembeian pakan ikan koi yang sudah kami share kemarin terima kasih.